Visual Studio Code : Editor Kece Untuk PHP

Hellow semua, salam satu keyboard.! kali ini gw akan ngasi tips untuk editor kece untuk program php. Lanjut ~

Sehubungan dengan pekerjaan gw yang mulai disibukan dengan menggunakan program bahasa baru yaitu php dan laravel, gw agak sedikit kagok dalam mencari editor program yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan gw selama ini, maklum gw udah 5 tahun bekerja menggunakan Neatbeans dan berkecimpung di dunia java code, tiba-tiba di suruh pindah haluan ke php mau ga mau harus di jabanin. Nah biasanya klo ada kerjaan php gw dulu lebih suka pakai notepad ++. Tapi berhubung sekarang gw harus menggunakan framework Laravel, gw agak kesulitan menggunakan notepad++, gila aja biasanya gw mau ke fungsi tertentu harus klik -klik manual cari halaman nya, dan mesti search dimana fungsi yang pengen gw cari tapi ga hapal dimana dia,.. "oh dimana dia".

Dan Akhirnya setelah beberapa kali nyoba editor, dari pakai plugin php di Neatbeans, pakai atom, pakai phpstorm, pakai sublime dan terakhir dan akhir akhirnya gw menaruh minat ke VSCode, puji semesta gw ketemu blog Kawan Koding : https://kawankoding.com/course/vscode-untuk-php-developen, tentunya untuk menikmati video lo pada harus register dulu. Tenang aja, free kuq.. gw juga doyan gratisan hahahaha. Atau lo pada mau langsung ke youtube chanelnya bisa langsung mampir ke sini : https://www.youtube.com/watch?v=ySr13M0W2NE&list=PLEgI20pG1Dqwa2iTRXwDPWoxjILDptBbW

Di Kawan Koding gw nemu tips dan trik untuk menggunakan editor VSCode dengan bagus dari tahap instalasi ampe tetek bengek plugin yang harus di tambah untuk mempermudah pekerjaan kita-kita sebagai programmer PHP.

Berikut list-list modul yang diberikan di kawan koding :

Pengenalan & Install
Jelajah Editor
Fokus ke Tampilan
Advanced New File
File Utils
Snippet Biar Koding Cepet
Jalan Pintas Menuju File
Built in Terminal
Cara Pintas Artisan
Siap dengan Git
Laravel Blade Snippets
PHP Auto Import
PHPDocblockr
Editorconfig
Solusi Move On ke VSCode
Mengganti Ikon Sidebar
Better PHPUnit
Memformat Code ke PSR-2
Menjodohkan Blade & Emmet
DotENV extensions
Bracket Pair Colorizer

Dan list-list ini berguna banget, lo ga akan nyesel buat ngikutin step by step tutorial yang diberikan.  Selamat mencoba dan bergembira.

Labels: , ,