Laragon, Cara Mudah Instalasi Laravel !

Mungkin di antara kalian udah ga asing lagi dengan istilah laravel, framework PHP yang lagi hangat-hangatnya untuk di pelajari. Gw sendiri mulai belajar pakai laravel tahun ini, karena gw udah pindah kerja ke tempat baru yang mengharuskan gw untuk menggunakan laravel untuk base program yang di kembangkan.

hehehe, setelah 6 tahun berkutat dengan JSP (Java Server Pages) emang agak kagok-kagok kalau di suruh megang PHP, nah untuk tahap pertama berkenalan dengan PHP, gw harus melakukan instalasi webserver, pilihan pertama webserver PHP tentu kita akan selalu ingat dengan XAMPP, dan ternyata setelah gw search ternyata instalasi Laravel dengan XAMPP lumayan ribet, hmmm.. Berhubung gw orangnya males ribet, jadinya ketemulah cara gampang, yaitu pakai LARAGON !

Sebelum kita melangkah ke proses instalasi laragon, gw kasi sedikit penjelasan tentang fitur-fitur yang ada di Laragon, biar ga kemakan istilah "tak kenal maka tak sayang".


Laragon sendiri, sebenernya sebuah aplikasi yang didalamnya mendukung pengembangan aplikasi berbasis web pada komputer lokal.
Dengan laragon kita tidak perlu lagi menginstal aplikasi yang dibutuhkan saat mengembakan website. Misal, apache, mysql, php, dll. Semua yang dibutuhkan sudah tersedia didalamnya.

Keunggulan Laragon

Jadi fungsinya cuma klik klik saja, minim ngetik di CMD, hahah cocok lah sama gw.

Lanjut sekarang ke proses instalasi,
  1. Download Aplikasi Laragon di Link berikut ini 
  2. Setelah berasil download, tinggal klik 2 kali dan jalankan proses instalasi
  3. Jalankan proses instalasi  
     
     
     
     
     
     
  4. Untuk melakukan instalasi laravel, cukup klik kanan pada laravel > kemudian pilih Quick Create > Inputkan nama project laravel dan tunggu sampai aplikasi selesai di proses.
  5.  
     
  6.  Dan Selesai ! hhahahaha

Labels: , ,