17 November 2010

Cara Merekam Dekstop Ubuntu Untuk Biki Video Tutor

17 November 2010
Saya pernah lihat banyak video tutor tentang ubuntu yang ada di youtube, Penasaran pengen nyoba juga gimana sih cara bikinnya., setelah search di google ternyata eh ternya cari bikinnya gampang banget. Kita cuma butuh 2 applikasi yaitu gtk-recordMyDesktop *ini yang di gunakan untuk merekam dekstop* dan OggConvert *untuk mengkonversi .ogv hasil rekaman menjadi .flv, .3gp dll*

Untuk instal kedua aplikasi di atas sangat gampang, kalau males menggunakan terminal pakai aja aplikasi ubuntu sofware center di applications - ubuntu sofware center

Setelah keduanya terinstal, cari aplikasinya di Applications - Sound & Video

Cara Menggunakannya:
1. Buka aplikasi gtk-recordMyDesktop


disini kita bisa setting kualitas video, atau dimana mau di simpan file videonya ntar. Kalau sudah merasa pas, klik Record. Maka dekstop anda akan terekam jadi saat anda buka aplikasi atau mengetik, akan terekam semua. Untuk stop klik tanda kotak di samping gambar wireless gambar di bawah ini.



maka akan muncul proses pembuatan video yang sudah di rekam, jangan di CANCEL! karena proses ini TIDAK BISA di RESUME..!!


Setelah proses selesai, lihat tempat dimana tadi anda setting tempang penyimpanannya. maka anda akan menemukan file video dengan format .ogv

2. File yang berformat .ogv sekarang anda konversi menggunakan aplikasi OggConvert. Buka aplikasi OggConvert



untuk melakukan conversi, kalian tentukan dulu source tempat video di simpan, dan ubah file name Destination menjadi Test.flv dan tentukan folder tempat file conversi akan di simpan, pada contoh saya simpan di folder music seperti ini:



Kemudian klik Convert, tunggu proses conversi. Setelah sukses, lihat di folder music.


ini adalah video dekstop yang saya bikin, hehehe saya convert ke .avi


Selamat mencoba
video

3 comments:

Opie Eyek mengatakan...

:f: omigot
baru ngeh ternyata convertnya ternyata ga bisa di jalanin di windows...

tapi kalau di ubuntu videonya bisa jalan kuq... hehehehehheeh :n: selamat mencoba lagi

kalau ada yang tau aplikasi conversti .ogv yang bagus sharing2 yak :d:

Adi Waskita Dharma mengatakan...

keknya gtk-recordMyDesktop masih terdapat bug.. terbukti setelah merekam dalam menjalankan compiz.. hasilnya tidaklah bagus.

saat ini saya masih mencari2 perekam layar yang lebih ideal untk linux.. he he he

salam .. always the First
Belajar Linux pemula

Opie Eyek mengatakan...

kalau dah dapet di share yak..
oh, ya
hasil capture bisa di jalan kan di windows kuq
tapi harus pakai pemutar video VLC
:n:

Poskan Komentar

sampaikan komentar dengan sopan dan bertanggung jawab :)