Program Vibi: Menambahkan Program dalam Program yang Kita Buat

saya share sebuah pengalaman waktu saya mengerjakan project visual basic, waktu itu saya membuat 2 program yaitu program pemesanan dan program kasir,tapi ternya suruhan dosen adalah membuat kedua program itu dalam 1 paket, alhasil otak puyeng, yang mana yang harus di pindah pemesan ke kasir atau kasir ke pemesanan??? Apalagi coding yang di buat udah lumayan banyak, masa di ulang dari awal. Maklum masih newbie banget pas awal-awal dapat matkul ini.

Ternyata setelah konsultasi dengan dosen, eh. taunya caranya guammpangggg banget.
saya contohkan, saya ingin memasukkan program teks berjalan ke program teks kedip-kedip.

Lihat gambar project1 di bawah sini, hanya terdapat form1(tekskedip.frm)


sekarang saya ingin menambahkan program teks berjalan, caranya mudah klik kanan pada project1 kemudian pilih add, terus pilih form



Setelah kita klik form maka akan muncul pilihan seperti ini:


kalau hanya ingin menambah form kosong, pilih saja new form. Tapi jika kita ingin menambahkan form program, klik existing kemudian cari dimana form itu di simpan.saya mencari tempat form berjalan, dan klik OK.

Sekarang lihat perubahan project1, ada penambahan frmjalan(TeksBerjalan.frm)


jadi ga perlu lagi susah-susah untuk membuat penambahan program dari awal :), hehe gampang kan??? ini juga bisa diterapkan dalam penambahan modul, user control (membuat teks button), MDI form dll. Silahkan kembangkan sendiri.

Labels: