Program Linked List dan Implementasinya Dalam Java

Kali ini akan share modul tentang linked list dalam java, Sama seperti penjelasan linked list dalam pemograman c++. tapi akan saya riview sedikit untuk penyegaran.
Single Linked List :
~ Setiap node pada linked list mempunyai field yang berisi pointer ke node berikutnya dan juga memiliki field yang berisi data.
~ Akhir linked list ditandai dengan node terakhir akan menunjuk ke null yang akan digunakan sebagai kondisi berhenti saat pembacaan linked list.


Double Linked List :
~ Linked list dengan menggunakan pointer, dimana setiap node memiliki 3 field, yaitu: 1 field pointer yang menunjuk ke pointer berikutnya, 1 field pointer yang menunjuk ke pointer sebelumnya dan field yang berisi data dari node tersebut.
~ Pointer next dan prev-nya menunjuk ke null.


Single Circular Linked List :
~ Single Linked List yang pointer next-nya menunjuk ke dirinya sendiri, jika terdiri dari beberapa node maka pointer terakhirnya akan menunjuk ke pointer terdepannya.


Double Circular Linked List :
~ Double Linked List yang pointer next dan prev-nya menunjuk ke dirinya sendiri secara circular.


Untuk implementasiny modul bisa di dowload di sini



sumber: Jeffrey Hermanto Halimsetiawan.2009.Linked List dan Implementasinya dalam Bahasa Java.http.//tutorialpemrograman.wordpress.com, 14 Februari 2009 di akses maret 2010.

Labels: