Cara Remastering Ubuntu dengan Metode Remastersys

Berhubung project UAS Sistem Operasi II saya adalah remastering ubuntu, sekarang saya akan share salah satu cara melakukan remastering dengan metode remastersy. Sebenarnya banyak cara bisa di lakukan untuk melakukan remastering, dari cara Reconstructor ataupun UCK, tapi berhubung kapastis home ubuntu saya cuma kesisa 2,5 GB terpaksa cara yang Reconstructor ama UCK di pending dulu, soalnya untuk menjalan cara tersebut minimal space home kita kosong +/- 5 GB.

Cara kerja remastersys adalah dengan mem-backup ubuntu yang telah terinstall di computer. Sehinnga penggunaanya sangat mudah  hanya dengan jalankan program remastersys kemudian pilih backup lalu tunngu beberapa saat hinnga proses backup selesai, lalu akan terbentuklah file .iso yang tingal di bakar.


sekarang udah taukan inti dari remastering dengan cara remastersys..? Eittsss.... Jangan keburu napsu untuk melakukan remastering. Baca dulu syarat-syarat yang di butuhkan untuk melakukan remastering di bawah ini.

Sebelum melakukan remastering dengan remastersys, ingat!!!
1. Instal Linux ubuntu di luar windows, jangan mencoba remastering menggunakan instalan linux WUBI, karena di jamin mau jungkir balik tetep GAK BISA!!
2. sebelum melakukan remasterin, Update dulu ubuntunya!
3. Folder Home harus ada minimal kosong +/- 3 GB, gak boleh kurang!

Setelah itu semua persyaratan di atas terpenuhi, baru boleh lanjut baca cara menginstal remastersys.

Cara Install Remastersys
1. Buka terminal
2. download remastersy.deb versi remastersys_2.0.17-1_all.deb di sini
3. setelah selesai instal, klik 2 kali pada file instalan remastersys_2.0.17-1_all.deb
4. maka muncul package instaler, klik install package.
5. Tunggu sampe proses selesai
6. Remastersys sudah terinstal, lihat di Applications-System Tools-Remastersys

Karena remastersy adalah backup an ubuntu kita, maka sebelum melakukan remastering, percantik ubuntu kita. ganti theme, wallpaper dan tambahkan aplikasi yang kita sukai. Ingat, theme dan walpaper sudah anda taruh di folder system ubuntu anda. Setelah semuanya beres, saatnya melakukan remastering.

1. Buka terminal

2. Ketikan command ini di terminal satu per satu
sudo -s

cp -Rf .config/ .gconf/ .gnome2/ .gconfd/ .local/ .nautilus/ .mozilla/ /etc/skel/

cp -Rf .config/ .gconf/ .gnome2/ .gconfd/ .local/ .nautilus/ .mozilla/ /root/

cd /etc/skel

chown -R root:root .config/ .gconf/ .gnome2/ .gconfd/ .local/ .nautilus/ .mozilla/

cd /root

chown -R root:root .config/ .gconf/ .gnome2/ .gconfd/ .local/ .nautilus/ .mozilla/

command tersebut berfungsi untuk mengangkat semua konfigurasi dari suatu aplikasi, misalnya .gconf/ ini bisa berfungsi untuk mengangkat semua konfigurasi dari gconf kita, dimana pada gconf ini sudah termasuk pada theme, panel, background dan yang lainnya yang terdapat pada pegaturan gconf, kemudian local untuk konfigurasi pada lokal, misalnya untuk mengankat main menu kita yang kita tambahkan sendiri, maka akan terangkat dan ingat pula jika mengkopi ini maka pengaturan internet kita juga akan terbawa.Semua konfigurasi tersebut ada di home folder kita dan kita akan kopikan ke /etc/skel dan /root, dikarenakan pada casper akan mengakses kedua folder tersebut.Jika kita telah melakukan hal tersebut, maka kita telah siap untuk mendistribusikan ulang ubuntu kita. (apabila kita tidak melakukan hal tersebut, maka hasil remaster nanti akan sama persis dengan ubuntu asli, bukan kemauan kita).

3.Untuk melakukan remastering, ketikan command berikut:
sudo remastersys dist

untuk mendistribusikan ulang dari system kita dan langsung akan terbentuk .iso
Tunggu prosesnya sampai selesai, membutuhkan waktu 30-45 menit, dan biasanya file iso akan membengkak menjadi 1 GB lebih, karena sudah ada aplikasi yang terinstal. Remastering saya ajah, ukuran filenya 1,2 GB hehehehehe...

Setelah remastering selesai, jangan close terminalnya dulu. Check file iso nya di file system home/remastersys/remastersys file iso terdapat di luar,
copy file iso di folder pilihan anda, atau simpan di flashdiksk

4. Sekarang bersihkan file yang tadi dengan mengetik command:
sudo remastersys clean


Ingat: Untuk remastering pertama kali, anda haru terhubung dengan internet, dan untuk remastering berikutnya baru tidak membutuhkan koneksi internet


Yaps... Remastering selesai, dan untuk melihat apakah berhasil gunakan virtual box. :D selamat mencoba.


refrensi:
http://alisabrie.blogspot.com/2010/06/remastering-ubuntu-pake-remastersys.html

Labels: