25 Juni 2010

Konfigurasi Router Standart dengan Menggunakan Packet Tracer 5.2

25 Juni 2010
Akhir-akhir ini saya di pusingkan oleh pelajaran Sistem Jaringan Komputer, hehehe maklum ga terlalu berbakat dalam hal urusan jaringan. Pusing dengan pelajaran IP address, Subnet, Submask, Routing dll yang bisa bikin kepala pecah seketika. Walaupun udah sedikit dapet dasar jaringan di semester 1, tetep saja pelajaran ini membuat pusing 7 keliling, pakai muter2.

Tapi dengan sedikit ketekunan, saya akhirnya bisa memahami caranya melakukan penyetingan router standar dengan menggunakan packet tracer, **kalo yang asli ga mampu beli boooooo**. Untuk Project nya bisa langsung di download disini, tapi inget di coba juga biar lebih cepat paham.

ini gambaran, jaringan router yang akan saya konfigurasi, kita pelajari yang sederhana dulu, konfigurasi 2 router.


Pertama setting IP komputer dulu : *Untuk Tutor x ini bisa juga ga sih setting Ip Komputer, karena saat ini hanya untuk konfigurasi router tapi untuk tutorial konfigurasi routing, setting PC di perlukan jadi ga ada salah untuk di pelajari dulu*

untuk PC 0, seperti di bawah ini:
Klik 2 kali, klik Dekstop kemudian pilih IP Configuration


dan untuk PC 3
Klik 2 kali, klik Dekstop kemudian pilih IP Configuration


Dan ini rumus untuk setting konfigurasi router, Kita akan setting router melalui sebuah PC, sekarang kita setting router 1.
Klik PC 4, cari Dekstop terus pilih terminal, dan klik OK. Maka akan muncul seperti di bawah ini dan ketikan seperti contoh yang sudah saya berikan.

Continue with configuration dialog? [yes/no]: No
press RETURN to get Started! *klik enter*
Router>enable
Router#configure terminal
Router(config)#interface fastethernet 0/0
Router(config-if)#ip address 192.168.5.1 255.255.255.192
Router(config-if)#no shutdown
Router(config-if)exit
Router(config)#interface serial 2/0
Router(config-if)#ip address 172.16.0.1 255.255.255.252
Router(config-if)#no shutdown
Router(config-if)#clock rate 9600


untuk setting router 2
klik 2 kali PC5, pilih Dekstop, klik terminal:

Continue with configuration dialog? [yes/no]: No
press RETURN to get Started! *klik enter*
Router>enable
Router#configure terminal
Router(config)#interface fastethernet 0/0
Router(config-if)#ip address 192.168.71.1 255.255.255.248
Router(config-if)#no shutdown
Router(config-if)exit
Router(config)#interface serial 2/0
Router(config-if)#ip address 172.16.0.2 255.255.255.252
Router(config-if)#no shutdown
Router(config-if)#clock rate 9600

Setelah semuanya di setting, dan bandul tiap kabel penghubung sudah berwarna hijau, artinya konfiguras telah berhasil, Selangkah maju untuk belajar tentang routing. :) keep spiritttt kawand

3 comments:

Anonim mengatakan...

agan...
gimana cara kalau komputer qt quota/router'na dah dibatasin...

misalkan batasan utk mendonlod file 50MB jd klo file'na diatas 50MB tidak bsa DL tpi klo di bawah 50MB bisa DL....

yang ingin saya tanyakan...
adakah cara agar bisa DL walaupun quota/router qt dibatasi (di hack, ubah ip, dsb)

Opie Eyek mengatakan...

saya sempat menanyakan ke dosen saya, di sini download file dalam artian download file seperti musik, film atau download browsing? karena browsing juga sebuah proses download...
.
yang saya tau dan tanya2 juga, ga bisa di hack atau di akalin.. tapi kalau mau coba2, coba rubah macaddress sapa tau berhasil heheh, karena setting seperti ini biasanya yang di gunakan patokan adalah pasti ip dan macaddress
.
untuk saat ini cuma itu yang bisa saya jawab :m:

Noor_latifah mengatakan...

tolong dong mas agan buat totur jaringan routing Packet tracer dengan konsep Sbb;
3: router dengan menggunakan connection serial DCE
3: switch
6: komputer

Tolong Y gan Krna ada tugas neh...Thanks....?

Poskan Komentar

sampaikan komentar dengan sopan dan bertanggung jawab :)