Header Ads

Program C++: Menghitung Nilai Faktorial

Sekarang kita akan membuat program menghitung faktorial. Suatu faktorial di difinisikan seperti berikut:

n!=n x(n-1)x(n-2)x......x 2 x 1

Sebagai contoh:
2!= 2 x 1 =2
3!= 3 x 2 x 1 =6
4!= 4 x 3 x 2 x 1 = 24

Algoritma:
1. Masukkan (n)
2. bil <-- n
2. hasil=1
3.untuk bil>=1, maka bil-1
hasil <-- hasil* bil
4. tampilkan(hasil)

#include<iostream.h>
#include<conio.h>
void main()
{
int bil, n;
long int hasil;
cout<<"n = ";
cin>> n;

hasil=1;
for(bil=n; bil>=1;bil--)
{
hasil=hasil*bil;
}
cout<<"n!= "<<hasil<<"\n";
getch();
}

24 comments:

  1. heheh sory...
    program yang tadi ternyata kurang kurung kurawa nya
    ..
    sekarang coba aja lagi, pasti mau
    kalau ga mau kasi tau aja syantax erornya gmana :a:

    ReplyDelete
  2. error ya gunain pakai visual c++ 2010?

    ReplyDelete
  3. aku ga pernah pakai visual C++ 2000
    tapi kalau dah tau algoritma perulanggannya kan tinggal di implementasikan :)
    .
    logikanya pasi sama, pakai program apapun
    di coba ya :)

    ReplyDelete
  4. kalo pake vb gimana doong?? ini kurang kurung kurawalnya dimana???
    thx yak,, sangat membantu negh..

    ReplyDelete
  5. ya sama aja lah..., kan udah nemu loginya dari program ini...
    :)
    kemaren kurang kurung kurawa di bagian akhirnya, sekarng nie proogram dah bisa jalan kuq :)

    ReplyDelete
  6. mas bsa bantu aku gak aku pake C++ borland 5.0.2
    programnya tuh pada saat d run hasilnya kyak gini

    masukkan Nilai N = misalkan 3
    1! adalah 1
    2! adalah 2
    3! adalah 3

    yah seperti itulh
    mohon bantuannya aku nyoba" dari tadi cuman kluar 1 aj perulangannya gak jalan

    ReplyDelete
  7. //ralat
    mas bsa bantu aku gak aku pake C++ borland 5.0.2
    programnya tuh pada saat d run hasilnya kyak gini

    masukkan Nilai N = misalkan 3
    1! adalah 1
    2! adalah 2
    3! adalah 6

    yah seperti itulh
    mohon bantuannya aku nyoba" dari tadi cuman kluar 1 aj perulangannya gak jalan

    ReplyDelete
  8. seperti ini maksudnya??

    #include
    #include
    void main()
    {
    int bil, n;
    long int hasil;
    cout<<"masukkan Nilai N = ";
    cin>> n;

    hasil=1;
    for(bil=n; bil>=1;bil--)
    {
    hasil=hasil*bil;
    }
    cout<<n<<" ! adalah = "<<hasil<<"\n";
    getch();
    }

    ReplyDelete
  9. itu sama kyak yg saya cari sebelumnya misalkn kita input nilai 5 yg kluar cman faktorial 5 aj tp yg saya mksud kluar smua faktorial 1-5 plus hasilnya klo ini sma seperti yg saya buat...

    ReplyDelete
  10. bagai mana cara menghitung faktorial n(zigma) 1=1 pake c++

    ReplyDelete
  11. coba cek di sini

    http://www.dreamincode.net/forums/topic/181856-power-and-factorial/

    atau

    http://www.cplusplus.com/forum/beginner/26146/

    semoga membantu :)

    ReplyDelete
  12. cout nya kaya gimana? ga ada potonya?

    ReplyDelete
  13. mas opie, saya eror nya disinih mas

    cout<<"n = ";

    apanya yang kurang tuh mas?
    makasih..^^

    ReplyDelete
  14. udah bener semua pemasangan tanda petik dua nya ? ( ; )

    ReplyDelete
  15. mas d run d DEV C++ 4.9.9.2 ga bisa si?

    ReplyDelete
  16. makasih atas info nya
    like this
    :)

    ReplyDelete
  17. Mas bisa bantu gimana caranya buat program untuk menghitung luas segitiga perhitungan dilakukan terus menerus selama masih diinginkan,,, gamana caranya ya mas makasihh..... :)

    ReplyDelete
  18. kak mau nanya dong maksudnya scrip ini gimana ya ?

    for(bil=n; bil>=1;bil--)

    thanks

    ReplyDelete
  19. Gimana carah membuat program faktorial

    ReplyDelete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. Ka mau nanya..
    Gmna buat program perulangan menghitung nilai faktorial di notapad ya?

    ReplyDelete

sampaikan komentar dengan sopan dan bertanggung jawab :)

Powered by Blogger.