18 Mei 2010

Program C++: Menghitung Nilai Faktorial

18 Mei 2010
Sekarang kita akan membuat program menghitung faktorial. Suatu faktorial di difinisikan seperti berikut:

n!=n x(n-1)x(n-2)x......x 2 x 1

Sebagai contoh:
2!= 2 x 1 =2
3!= 3 x 2 x 1 =6
4!= 4 x 3 x 2 x 1 = 24

Algoritma:
1. Masukkan (n)
2. bil <-- n
2. hasil=1
3.untuk bil>=1, maka bil-1
hasil <-- hasil* bil
4. tampilkan(hasil)

#include<iostream.h>
#include<conio.h>
void main()
{
int bil, n;
long int hasil;
cout<<"n = ";
cin>> n;

hasil=1;
for(bil=n; bil>=1;bil--)
{
hasil=hasil*bil;
}
cout<<"n!= "<<hasil<<"\n";
getch();
}

22 comments:

Anonim mengatakan...

ko gagal y :d:

Opie Eyek mengatakan...

heheh sory...
program yang tadi ternyata kurang kurung kurawa nya
..
sekarang coba aja lagi, pasti mau
kalau ga mau kasi tau aja syantax erornya gmana :a:

ben mengatakan...

error ya gunain pakai visual c++ 2010?

Anonim mengatakan...

aku ga pernah pakai visual C++ 2000
tapi kalau dah tau algoritma perulanggannya kan tinggal di implementasikan :)
.
logikanya pasi sama, pakai program apapun
di coba ya :)

Anonim mengatakan...

kalo pake vb gimana doong?? ini kurang kurung kurawalnya dimana???
thx yak,, sangat membantu negh..

Opie Eyek mengatakan...

ya sama aja lah..., kan udah nemu loginya dari program ini...
:)
kemaren kurang kurung kurawa di bagian akhirnya, sekarng nie proogram dah bisa jalan kuq :)

Anonim mengatakan...

mas bsa bantu aku gak aku pake C++ borland 5.0.2
programnya tuh pada saat d run hasilnya kyak gini

masukkan Nilai N = misalkan 3
1! adalah 1
2! adalah 2
3! adalah 3

yah seperti itulh
mohon bantuannya aku nyoba" dari tadi cuman kluar 1 aj perulangannya gak jalan

Anonim mengatakan...

//ralat
mas bsa bantu aku gak aku pake C++ borland 5.0.2
programnya tuh pada saat d run hasilnya kyak gini

masukkan Nilai N = misalkan 3
1! adalah 1
2! adalah 2
3! adalah 6

yah seperti itulh
mohon bantuannya aku nyoba" dari tadi cuman kluar 1 aj perulangannya gak jalan

Opie Eyek mengatakan...

seperti ini maksudnya??

#include
#include
void main()
{
int bil, n;
long int hasil;
cout<<"masukkan Nilai N = ";
cin>> n;

hasil=1;
for(bil=n; bil>=1;bil--)
{
hasil=hasil*bil;
}
cout<<n<<" ! adalah = "<<hasil<<"\n";
getch();
}

Anonim mengatakan...

itu sama kyak yg saya cari sebelumnya misalkn kita input nilai 5 yg kluar cman faktorial 5 aj tp yg saya mksud kluar smua faktorial 1-5 plus hasilnya klo ini sma seperti yg saya buat...

wadi mengatakan...

bagai mana cara menghitung faktorial n(zigma) 1=1 pake c++

Opie Eyek mengatakan...

coba cek di sini

http://www.dreamincode.net/forums/topic/181856-power-and-factorial/

atau

http://www.cplusplus.com/forum/beginner/26146/

semoga membantu :)

Deni Gunawan mengatakan...

cout nya kaya gimana? ga ada potonya?

arra mengatakan...

mas opie, saya eror nya disinih mas

cout<<"n = ";

apanya yang kurang tuh mas?
makasih..^^

Opie Eyek mengatakan...

udah bener semua pemasangan tanda petik dua nya ? ( ; )

Anonim mengatakan...

mas d run d DEV C++ 4.9.9.2 ga bisa si?

ieNa crem mengatakan...

makasih atas info nya
like this
:)

John Carlos mengatakan...

Mas bisa bantu gimana caranya buat program untuk menghitung luas segitiga perhitungan dilakukan terus menerus selama masih diinginkan,,, gamana caranya ya mas makasihh..... :)

Anggi Nur Widianingsih mengatakan...

:h

Dino Bima mengatakan...

ini pake aplikasi apa mas?-_-

Unknown mengatakan...

kak mau nanya dong maksudnya scrip ini gimana ya ?

for(bil=n; bil>=1;bil--)

thanks

Juvendi Lulu mengatakan...

Gimana carah membuat program faktorial

Poskan Komentar

sampaikan komentar dengan sopan dan bertanggung jawab :)