22 Mei 2010

Program C++: Mencari Tahun Kabisat

22 Mei 2010
Mungkiin program ini udah basi, dan banyak bertebaran di paman google. Tapi enggak ada salahnya untuk di share bukan? heheheh

Algoritma:
Suatu tahun disebut tahun kabisat juka memenuhi kriteria sebagai berikut:
1. Tahun yang habis di bagi 4
2. Jika tahun habis di bagi 100, maka tahun tersebut harus habis di bagi 400

berdasarkan hal tersebut, dapat di susun algoritma sebgai berikut:
1. masukan(tahun)
2. jika sisa pembagian (tahun di bagi 4)!=(tidak sama) 0 maka
tampilkan ("bukan kabisat")
sebaliknya
jika sisa pembagian(tahun,100)=0 dan sisa pembagian (tahun,400)!= 0 maka
tampilkan ("bukan kabisat)
sebaliknya
tampilkan("kabisat")

#include <iostream.h>
#include <conio.h>
int main()
{
int tahun;
cout<<"Masukan tahun : ";
cin>>tahun;
if(tahun%4!=0)
cout<<"Bukan kabisat";
else
if ((tahun%100==0)&&(tahun%400!=0))
cout<<"Bukan Kabisat\n";
else
cout<<"kabisat\n";
getch();
}


atau bisa juga dibuat seperti ini untuk mempercepat penulisan, tergantung sekarang kita lebih mengerti yang mana hehehe,
#include <iostream.h>
#include <conio.h>

int main()
{
int tahun;
cout<<"Masukkan Tahun : ";
cin>>tahun;

if((tahun%4==0)||(tahun%100!=0)&&(tahun%400==0))
cout<<"tahun kabisat\n";
else
cout<<"bukan tahun kabisat";
getch();
}


8 comments:

Djalie mengatakan...

ijin copas gan...ane lgi butuh buat tugas kampus nich :D

Anonim mengatakan...

sekarang gini gan,kalo di programnya diisi dengan angka 0 atau angka -400,-800 pasti keluar tahun kabisat.....apakah itu sudah benar gan??

Opie Eyek mengatakan...

kalau gtu agan bisa fix kan??
.
tinggal isi parameter
if tahun <0
cout<"masukan tahun salah";
.

:) program di atas cuma sample program sederhana, agan sendiri bisa menyempurnakannya..
kalau di kasi tau semua, belajarnya pasti jadi ogah2han :)
ulik2 terus gan! semangat!

dyna mengatakan...

izin copy yaa, mau buat nyelesaikan tugas.. makasih

ocie mengatakan...

kok aq nyoba ga bisa yach.... :h:

buku ilma mengatakan...

thanks sharenya, klo dalam program c?

Opie Eyek mengatakan...

sama aja kuq..paling cuma ganti cara penulisannya.. logikanya sama aja :)

Anonim mengatakan...

izin copi ea,,,

Poskan Komentar

sampaikan komentar dengan sopan dan bertanggung jawab :)