08 Mei 2010

Program Java: Membuat Frame dengan GUI

08 Mei 2010
Bosan tampilan java yang hanya layar hitam dan tulisan putih? Jangan khawatir di java dengan pemograman GUI (Graphical User Interface)kita bisa membuat tampilan yang lebih enak di pandang, dan dengan coding yang semakin rumit. Jadi abis buat program ini rajin-rajin lah keramas biar rambut anda tidak mudah rontok gara-gara kepikiran ini coding hahahha..


import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
import javax.swing.*;

public class Frame extends JFrame{
public Frame(){
setDefaultCloseOperation(EXIT_ON_CLOSE);
setTitle("Test Frame");
setBounds(0,0,300,300);
}
public static void main (String[]args){
Frame theApp=new Frame();
theApp.setVisible(true);
}
}


gambar program setelah di jalankan

19 comments:

VzDhy mengatakan...

import javax.swing.*;
import java.awt.*;
import java.awt.event.ActionEvent.*;
import java.awt.event.*;
import java.awt.event.ActionListener;
import java.awt.event.ActionListener.*;
class Data extends JFrame implements ActionListener{

JLabel judul = new JLabel("DAFTAR BIODATA MAHASISWA");
JLabel nis = new JLabel("Nis");
JLabel nama = new JLabel("Nama");
JLabel alamat = new JLabel("Alamat");
JLabel hoby = new JLabel("HOBY");
//Menambahkan Komponen
JTextField nis1 = new JTextField(100);
JTextField nama1 = new JTextField(100);
JTextField alamat1 = new JTextField(100);
JCheckBox baca=new JCheckBox("Membaca");
JCheckBox nonton=new JCheckBox("Nonton Naruto");
JButton proses = new JButton("Proses");
JButton batal = new JButton("Batal");
JTextArea hasil = new JTextArea("");
ButtonGroup radioGroup;


public Data () {
setTitle("Daftar Biodata Mahasiswa");
setSize(450,700);
setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
setResizable(false);
setLocationRelativeTo(null);
radioGroup=new ButtonGroup();
radioGroup.add(baca);
radioGroup.add(nonton);
nis.setFont(new Font("arial", Font.CENTER_BASELINE,14));
nama.setFont(new Font("arial", Font.CENTER_BASELINE,14));
alamat.setFont(new Font("arial", Font.CENTER_BASELINE,14));
hoby.setFont(new Font("arial", Font.CENTER_BASELINE,14));
setVisible(true);
}
public void actionPerformed(ActionEvent e){


}
void tampilanform(){
getContentPane().setLayout(null);

getContentPane().add(judul);
getContentPane().add(nis);
getContentPane().add(nis1);
getContentPane().add(nama);
getContentPane().add(nama1);
getContentPane().add(alamat);
getContentPane().add(alamat1);
getContentPane().add(hoby);
getContentPane().add(baca);
getContentPane().add(nonton);
getContentPane().add(proses);
getContentPane().add(batal);
getContentPane().add(hasil);




//Pengaturan Letak Komponen
judul.setBounds(150, 30, 200, 15);
nis.setBounds(40, 90, 200, 15);
nis1.setBounds(150, 90, 230, 20);
nama.setBounds(40, 120, 200, 15);
nama1.setBounds(150, 120, 230, 20);
alamat.setBounds(40, 150, 200, 15);
alamat1.setBounds(150, 150, 230, 20);
hoby.setBounds(228, 180, 120, 20);
baca.setBounds(150, 210, 120, 20);
nonton.setBounds(279, 210, 400, 20);
proses.setBounds(150, 250, 90, 20);
batal.setBounds(279, 250, 90, 20);
hasil.setBounds(40, 300, 365, 150);


}
public static void main(String[]args){
Data fr=new Data();
fr.tampilanform();
}
}





========>
gan pada coding diatas bisa mint tolong ajrin gak cara buat agar tombolx berfungsi kemudian ketika kita klik tombol proses hasilnya tampil pada teks area sperti ini

=======
Daftar Biodata Mahasiswa
Nama anda adalah : Opiek (contoh)
Nis anda adalah : 09044110
Hoby
1. Membaca
2. Nonton naruto

VzDhy mengatakan...

:g:

Opie Eyek mengatakan...

http://allaboutalgoritma.blogspot.com/2011/06/program-java-input-data-dengan-gui-di.html

coba liat di sini gan, ane ga terlalu paham java :D

tapi refrensi di bawah posting link yang ane kasi ini patut agan liat.
dsana ada tampilkan aoutputnya di text area

selamat berpikir gan :e:

Anonim mengatakan...

tapi klw mw buat kyak gini gman gan pake statement For

1
2 3
4 5 6
7 8 9 10

Opie Eyek mengatakan...

lihat di sini bro

http://allaboutalgoritma.blogspot.com/2011/06/program-java-membuat-segitiga-1-23-456.html

VzDhy mengatakan...

wah thank's bngt gan tertlng dah gw smg mkin sukses sob :g: nice gan

VzDhy mengatakan...

Oh ya gan mw nax gmn cara memfungsikan CheckBox pada java dmn ktika kita plih keduax akn muncul pada outputny kedua plihan tersebut dengan menggunakan fungsi IF
Exm :

Hoby
[]Membaca []Nonton

=> ktika kit Check kduax maka akan muncul pada output sprt ini

1. Membaca
2. Nonton

pncerahnx gan cara menggunakan fungsi IF

Opie Eyek mengatakan...

bisa di lihat di sini gan :).
http://allaboutalgoritma.blogspot.com/2011/06/program-java-membuat-check-box-dengan.html

oh ya, tgs yang kemaren dah nemu?
Share dunk gan... ane ga bisa yang buat nginputin dari JTextField terus outputnya ke JTextArea
hahahahhaha..

Anonim mengatakan...

Ok sob entar ane share sblmx thank's ya gan atas pencerahnx sukses slalu

Nice :g:

bkaln sring main ksni gw

Anonim mengatakan...

oh ya klw bisa gan listing yang gw share ini jng dtampilkn dpost ya, biar tmen ane gak ada yang ngopas. ok gan thanks sblmx

snang bisa knal dngn anda

Opie Eyek mengatakan...

sipp gan....
list program tadi udah ane remove juga...
.
.
kapan agan kumpul itu project? pas itu baru ane posting... hehehe lumyan tambah ilmu.. :)
.
thanks juga udah sering mampir kesini, sering2 share ilmu gan. :D

Anonim mengatakan...

Project it tugas besar ane gan bwt mat kul java nant klw gw udah presntase bru ane posting lag dsin gan klw bisa jng postingn smw progrm2 agan biar tugas gw gk ada yng sma dng tmen2 ane

vzdhy_

Opie Eyek mengatakan...

wkwkkww... masalahnya, tergantung pada kreativitas kalian aja...
program mah dimana-mana alurnya sama...
sekarang gmana caranya buat modifikasi variabel ama tampilan ajah..,
.
jadi ga bakal ada yang sama persis gan,
makanya jangann cuma di copy cut aja,, tapi di edit juga :)
..
jadi punya agan ga bakalan sama ama yang lain, kecuali agan sndiri malas bikin style agan sndiri. :D

VzDhy mengatakan...

Hallo gan gmn kbrx nich... oiya ane dah presentasi nih thanks presentasi ane sukses

VzDhy mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
VzDhy mengatakan...

Oiya gan tlong ajarin dong tentang perulangan ane mw bxk blajar nich tntng prulangan diprogram soalx kurang paham gw. :-D

Opie Eyek mengatakan...

wah.., masalah perulangan ane juga rada pusing gan...
biasanya aku lebih suka utak atik aja,. susah di jelasin, paling kalau mentok nanya di google.
.
rajin buat gabungin berbagai kombinasi aja, heheheheh...
.
ama jangan lupa siapin kertas ama pulpen buat sedikit orak orek.. hehehhe

Information Teknologi mengatakan...

program kasir ada ga ya :(
tp yg pake gui gan :(
bantuin donk
kirim email ya : uchil.man@gmail.com

Opie Eyek mengatakan...

wah, ndak punya gak.. coba beli buku java gan... kayaknya kmren ane smpet liat ada buku java yang ngasi source code aplikasi kasir dengan java

Poskan Komentar

sampaikan komentar dengan sopan dan bertanggung jawab :)