Program Visual Basic: Membuat Hello Word....!!!


pada postingan sebelumnya saya sudah memberikan sedikit materi tentang pengertian dan tool-tool yang terdapat di Microsoft Visual Studio 6.0. Sekarang kita akan mempelajari cara membuat program Hello Word. Caranya sangat Mudah.

Pertama, kita memerlukan 2 buah label, 1 buah textBox, dan 2 buah comman button dari toolbox



Kemudian setelah tau mana saja tool yang di perlukan, sekarang saatnya kita untuk memasangnya,
Instruksinya: Klik komponen Label di dalam ToolBox kemudian “gambar” object Label1 di dalam Form dengan cara drag-drop. Lakukan langkah yang sama untuk object Label2. Object Text1 di-“gambar” menggunakan komponen TextBox, sedangkan object Command1 dan Command2 menggunakan komponen Command Button.
Sehingga hasil akhirnya sesuai dengan gambar di bawah ini:



Selanjutnya kita akan mengatur masing-masing tool properties yang sudah kita pasang.



ini lah jendela properties yang akan sedikit kita utak atik.. hehehhe. Melalui Jendela Properties atur property setiap object sebagai berikut :



sehingga hasil akhirnya akan menjadi seperti ini:



etz.. jangan senang dulu, ini baru cuma kerangka program, sekarang kita akan memasukan codingnya untuk membuat proram ini berjalan sebgaimana mesting :D. Sekarang kita akan belajar tentang Menulis Kode Program : Property Test

Pertama masuk dulu ke dalam jendela code dan lihat apa saja yang ada di dalam nya., caranya dengan kali aja dua kali pada salah satu tool yg ada dalam layar kerja anda. Contohnya saya meng-klik Commend1.Maka akan mucul gambar seperti di bawah ini.



Program ini bersifat event-driven, artinya program bekerja berdasarkan event yang
terjadi pada object di dalam program tersebut. Misalnya, jika seorang user meng-klik sebuah tombol maka program akan memberikan “reaksi” terhadap event klik tersebut. Program akan memberikan “reaksi” sesuai dengan kode-kode program yang dibuat untuk suatu event pada object tertentu.


Pilih object Command1 pada bagian Object Selector. Secara otomatis pada bagian Code Editor akan muncul blok kode program berikut :

Private Sub Command1_Click()

End Sub


Event Click merupakan event default (standar) dari object Command1, Anda bisa melihat event lainnya pada bagian Event Selector.

Pada bagian Code Editor ketikkan kode programnya sebagai berikut :
Private Sub Command1_Click()
Label2.Caption = "Hello " + Text1.Text

End Sub

Private Sub Command2_Click()
End
End Sub

Simpan Project1 (nama file : Latihan.vbp) dan Form1 (nama file : Lat1.frm). VB 6 akan menyimpan program yang Anda buat ke dalam beberapa file yang saling terkait, antara lain : file project (*.vbp), file form (*.frm) dan file module (*.bas).

Coba jalankan Project1 dengan tekan tombol F5 pada keyboard. Ketikkan “Opie Eye” di dalam TextBox kemudian klik tombol OK. Maka akan tampil
hasil sebagai berikut :


Untuk Keluar tekan selesai.

Akhirnya selai juga tutorial membuat hello word, untuk penjelasan lebih lengkap tentang codingnya saya lajutkan besok saja, sekarang waktunya mencari inspirasi di tempay tidur/

Labels: