16 Februari 2010

Pengenalan Java

16 Februari 2010
APA ITU JAVA?
Java adalah salah satu bahasa pemrograman baru menjanjikan banyak kemudahan bagi programer junior maupun senior. Modul ini dan modul selanjutnya akan membawa Anda mengenal lebih jauh bahasa ini melalui pembahasan konsep model perancangan dan petunjuk sederhanapenggunaannya.

Java adalah bahasa pemrograman berorientasi objek yang dikembangkan oleh Sun Microsystems sejak tahun 1991, sebuah perusahaan besar di Amerika Serikat. Bahasa ini dikembangkan dengan model yang mirip dengan bahasa C++ dan Smalltalk, namun dirancang agar lebih mudah dipakai dan platform independent, yaitu dapat dijalankan di berbagai jenis sistem operasi dan arsitektur komputer. Bahasa ini juga dirancang untuk pemrograman di Internet sehingga dirancang agar aman dan portabel. Dalam beberapa tahun terakhir, Java telah merambah dunia mobile dengan J2ME (Micro Edition: MIDlet, dipakai dalam mobile phone, PDA, smart phone dan sebagainya). Java juga dipakai dalam aplikasi server dengan J2EE (Enterprise Edition: JSP, servlet).

Sejarah Java
Nama Java kebetulan sama dengan dengan pulau yang ada di Indonesia yaitu Jawa. Namun proses kelahirannya tidak ada hubungannya secara fisik dengan Indonesia ataupun pulau Jawa.
Kalau kata dosen saya:
Pas para programer membuat program java, mereka sering mengkonsumsi kopi dengan merk java *berasal dari jawa-indonesia*, jadi pas program java selesai mereka memberi nama program mereka java dengan gambar cangkir yang ada asap-asapnya, simbol kopi. heheh percaya ga percaya sih, sedikit story dari asal-usul nama pemograman java.

Bahasa Java mulai dikenalkan pada tahun 1991 ketika Sun Microsystems memulai proyek penelitian yang diberi nama kode Green. Proyek ini bertujuan untuk membangun sebuah sistem yang memungkinkan komputer berperan dalam peralatan rumah tangga.

Tetapi, James Gosling salah satu anggota pengembang proyek Green merasa tidak puas
dengan bahasa C++. Kemudian ia memutuskan untuk membuat sendiri bahasa pemrograman baru yang diberi nama Oak. Nama ini diambil dari nama pohon yang terlihat dari jendela kantornya. Bahasa Oak yang dibuat sebagai bahasa multiflatform serta diajukan untuk pemrograman interaktif dan ditributed, dirasa sangat cocok untuk digunakan dalam dunia web, yang waktu itu mulai tumbuh pesat.

Nama Oak kemudian harus diganti karena telah ada produk lain yang mematenkan nama tersebut. Pada tahun 1995, nama Oak diganti dengan nama Java

Sofware yang di butuhkan dalam Java
1. J2sdk versi 5
2. Text pad 5
3. Netbeands

Urutan langkah‐langkah yang harus Anda lakukan untuk membuat sebuah program Java sederhana adalah
1. Membuat source code program dengan editor teks apapun. Ingat, file
tersebut harus berekstensi .java dan case sensitive.
2. Mengkompile source code di command promp dengan perintah javac. Misalnya: javac
HelloWorld.java
. Jika berhasil, hasilnya adalah file bytecode
berakhiran .class.
3. Mengeksekusi bytecode dengan perintah java. Parameter dari perintah
ini adalah nama file hasil kompilasi tanpa ekstensi .class. Contoh: java
HelloWorld


0 comments:

Poskan Komentar

sampaikan komentar dengan sopan dan bertanggung jawab :)