Pemograman Java Input dari Keyboard

Sekarang kita akan mencoba membuat program kita lebih interaktif dengan menggunakan input dari keyboard, Sama seperti di fungsin cin dalam bahasa C++
Kita akan mempelajari dua cara memberikan input
1. Menggunakan kelas BufferedReader
2.Melalui GUI (Graphical User Interface) dengan menggunakan kelas JOptionPane.

Menggunakan Bufferedreader Untuk Mendapatkan Input

Pada bagian ini, kita akan menggunakan kelas BufferedReader yang berada di java.io package untuk mendapatkan input dari keyboard.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang diperlukan untuk mendapatkan input dari keyboard:
a. Tambahkan di bagian paling atas code anda: import java.io.*;
b. Tambahkan statement ini:
BufferedReader dataIn = new BufferedReader(new InputStreamReader( System.in) );
c. Deklarasikan variabel String temporer untuk mendapatkan input, dan gunakan fungsi readLine() untuk mendapatkan input dari keyboard. Anda harus mengetikkannya di dalam blok try-catch:
try{
String temp = dataIn.readLine();
}
catch( IOException e ){
System.out.println("Error in getting input");
}


Contoh Program:
import java.io.*;
public class DemoInputString {
public static void main(String[] args) throws IOException {
System.out.print("Masukkan nama Anda: ");
String nama;
InputStreamReader isr = new InputStreamReader(System.in);
BufferedReader br = new BufferedReader(isr);
nama = br.readLine();
System.out.println("Halo" + nama + ", sudahkah mengerti Java?");
}
}


Contoh Program 2:

import java.io.BufferedReader;
import java.io.InputStreamReader;
import java.io.IOException;
public class GetInputFromKeyboard
{
public static void main( String[] args ){
BufferedReader dataIn = new BufferedReader(new InputStreamReader( System.in) );
String name = "";
System.out.print("Please Enter Your Name:");
try{
name = dataIn.readLine();
}catch( IOException e ){
System.out.println("Error!");
}
System.out.println("Hello " + name +"!");
}
}


Penjelasan Program 2
Statemen:
import java.io.BufferedReader;
import java.io.InputStreamReader;
import java.io.IOException;

Menjelaskan bahwa kita akan menggunakan kelas BufferedReader, InputStreamReader dan IOException yang berada di java.io package.
Java Application Programming Interface (API) sudah berisi ratusan kelas yang bisa digunakan untuk program anda.
Kelas-kelas tersebut dikumpulkan ke dalam packages.


Dua statemen selanjutnya:
public class GetInputFromKeyboard
{
public static void main( String[] args ){

Statement ini menyatakan bahwa kita mendeklarasikan sebuah class bernama GetInputFromKeyboard dan kita mendeklarasikan main method.

Pada Statemen
BufferedReader dataIn = new BufferedReader(new InputStreamReader( System.in) );
kita mendeklarasikan sebuah variabel bernama dataIn dengan tipe kelas BufferedReader.
System.in di gunakan untuk membaca, tapi sangat lambat karena di baca satu persatu sehingga digunkan buffer (penyangga)
Buffer tidak bisa membaca langsung dari keyboard, yang bisa hanya system.in, maka di gunakanlah stream(inputstreamreader)


String name = ""; ;

mendeklarasikan variabel String dengan identifier name
Statement diatas merupakan tempat untuk menyimpan input dari user. Variabel name diinisialisasi sebagai String kosong "".


System.out.print("Please Enter Your Name:");
Baris berikutnya adalah memberikan output string pada layar menanyakan nama user.


Blok di bawah ini merupakan blok try-catch blok
try{
name = dataIn.readLine();
}catch( IOException e ){
System.out.println("Error!");
}
System.out.println("Hello " + name +"!");
}

Pada baris ini menjelaskan bahwa kemungkinan terjadi error pada statement
name = dataIn.readLine();
akan ditangkap .
anda perlu menambahkan kode ini untuk menggunakan readLine() method dari BufferedReader untuk mendapatkan input dari user.

Labels: